Strategi Membuat Content Marketing

Strategi Membuat Content Marketing

Bagi Anda yang memiliki usaha, pasti harus memutar otak cara menjual produk atau jasa yang ditawarkan seperti membuat content marketing. Tentu dalam membuat content marketing perlu strategi yang pas. Lalu, bagaimana strategi membuat content marketing?

Content Marketing

Sebelum membahas tentang strategi membuat content marketing, sebaiknya Anda memahami content marketing terlebih dahulu.

Content marketing merupakan strategi pemasaran bisnis di era digital. Tak hanya sekadar membuat dan mengirimkannya di media sosial maupun situs bisnis milik Anda. Dibutuhkan pula rencana untuk membuat content marketing seperti harus mutakhir, menarik, inovatif, dan berkualitas.

Dengan rencana tersebut, content marketing bisa berjangka panjang karena pembaca akan terus tertarik dengan konten yang Anda buat dalam memasarkan bisnis.

Strategi Pembuatan Content Marketing

Untuk mencapai rencana di atas, tentu diperlukan strategi. Berikut strategi membuat content marketing yang wajib Anda ketahui.

1. Tentukan Tujuan Marketing

Sebelum membuat konten, ada baiknya Anda tentukan tujuan marketing seperti apa yang diinginkan seperti membuat pembaca tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan sehingga mereka tidak perlu ragu untuk membelinya.

2. Riset Target Pembaca

Lakukan riset target pembaca dari content marketing yang Anda buat. Hal ini berguna untuk menyesuaikan bahasa yang akan Anda gunakan dalam membuat konten. Anda juga bisa menyesuaikan konten seperti apa yang lebih disenangi oleh pembaca.

3. Review Konten

Setelah membuat content marketing, lakukan review atau evaluasi. Apakah content marketing Anda sesuai dengan tujuan dan riset pembaca yang telah direncanakan?

4. Gunakan Content Management System

Anda sudah tahu content management system? Content management system merupakan aplikasi di komputer yang membantu dan memodifikasi pembuatan konten digital. 

Aplikasi tersebut menawarkan fitur-fitur yang memudahkan Anda dalam membuat, mempublikasi, dan menganalisis konten. Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda pilih, di antaranya: WordPress, Drupal, dan Joomla.

5. Siapkan Ide Konten

Anda harus menyiapkan ide-ide konten yang mutakhir, menarik, dan inovatif. Tentu hal ini tidaklah mudah, tetapi Anda bisa menggunakan tools untuk memudahkan membuat konten seperti: 

  • HubSpot Website Grader digunakan untuk melihat tingkat marketing.
  • What to Write digunakan untuk membantu memulai brainstorming dalam menghasilkan beberapa ide.
  • Feedly digunakan untuk mengetahui topik yang sedang populer di bisnis Anda.
  • Content Forest digunakan untuk membantu menemukan konten milik kompetitor yang sedang populer.
  • BuzzSumo merupakan aplikasi yang menggunakan fitur share media sosial guna menentukan konten populer dan disukai banyak orang.

6. Tentukan Format Konten

Sebelum membuat content marketing, sebaiknya tentu juga terlebih dahulu format konten yang Anda inginkan. Berikut format content marketing yang bisa Anda pilih.

  • Blog post, format ini berupa situs atau website yang bisa diakses oleh para pembaca melalui mesin pencarian.
  • E-book, format ini berupa buku digital yang tentunya berisi sangat panjang dan mendetail.
  • Template, format ini berupa banner atau brosur digital. Tentunya isi dari content marketing pun cenderung singkat dan memiliki berbagai desain unik.
  • Infografis, format ini memaksimalkan visualisasi yang unik daripada kata-kata. Format ini biasanya dalam bentuk bagan, diagram, grafik, dan lain-lain. Anda bisa menggunakan ini bila memiliki banyak data.
  • Video, format ini dinilai menarik karena menampilkan gambar bergerak yang tentunya sangat menarik.
  • Podcast, format ini berupa wawancara maupun monolog yang bisa didengarkan secara langsung oleh pembaca.

7. Kelola Konten

Setelah melakukan semua strategi di atas, jangan lupa untuk mengelola konten Anda. Gunakan kalender editorial agar mengetahui waktu membuat, mendiskusikan, dan mempromosikan rencana dari strategi content marketing Anda.

Penutup

Itulah strategi membuat content marketing yang bisa Anda coba. Dengan memperhatikan strategi dalam membuat konten, tentunya akan membuat bisnis Anda semakin dikenal dan menarik pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *